Sehari Bersama Kelas Blogger #InternetBAIK Telkomsel Jayapura



Mendapat undangan untuk hadir dalam kegiatan yang kita impi-impikan, rasanya tuh bahagia, tersanjung, penuh kesyukuran, menjadikan bibir tersenyum sampai ndower, mata berbinar-binar menyorotkan cahaya seperti senter, kantong tiba-tiba penuh dengan uang merah cap dua bapak-bapak....(hehe). Begitulah sahabat, ketika sebuah pesan singkat masuk ke handphone kesayangan kami.

“Slmt sore Bpk/Ibu, Terima kasih telah mengikuti Seminar Internet BAIK pada hari pertama. Selamat! Bpk/Ibu TERPILIH menjadi peserta Workshop Kelas Jurnalistik (Blog Asik) yg akan dilaksanakan pada .....bla bla bla...
Harap menunjukkan sms ini di meja registrasi ....bla bla bla.... (Hanya berlaku untuk 1 org).”

Sementara itu, beberapa sahabat sampai dengan malam hari masih berjuang menghubungi sejumlah nomor panitia, berharap untuk mendapatkan kesempatan. Namun, jawaban dari panitia kepada beberapa sahabat itu adalah panitia tidak bisa memastikan beberapa teman saya itu untuk mendapatkan tempat. Hanya ketika peserta terpilih berhalangan, sahabat-sahabat saya itu baru boleh untuk masuk ke ruangan.

Perlu sahabat ketahui, Roadshow Internet BAIK ini tidak dilaksanakan di semua kota. Hanya sebanyak 15 kota yang terpilih dari seluruh Indonesia di tahun 2017 ini yang salah satunya ialah Kota Jayapura. Sementara 14 kota lainnya yaitu Banda Aceh, Dumai, Bengkulu, Serang, Sukabumi, Semarang, Purworejo, Denpasar, Mataram, Pontianak, Balikpapan, Pare-Pare, Palu, dan Ambon.

Demikianlah kisah keberuntungan kami, sekitar 25 orang yang terpilih menjadi peserta di kelas Blogger InternetBAIK Telkomsel dan berkesempatan belajar selama sehari full bersama dua pemateri istimewa, kang Acep Syaripudin dan kang Deden. Keduanya adalah aktivis ICT Watch, sebuah organisasi penggagas gerakan digital literasi internet sehat sejak 2002. Internet sehat yang digagas ICT Watch bahkan telah mendapatkan pengakuan secara internasional dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai contoh strategi advokasi tentang literasi digital dan etika online untuk masyarakat. Dan hari ini, keduanya berbagai begitu banyak pengalaman tentang gerakan literasi di media sosial, terutama melalui blog.

Kami pun belajar dari mulai pemanfaatan media sosial, tips berinternet secara sehat, bedah UU No 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) terutama pada pasal perbuatan yang terlarang yakni pasal 27, 28 dan 29, hingga membuat-memposting-mempublikasi sebuah tulisan di blog.

Di awal sesi, kami disadarkan bahwa media sosial terutama blog bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan positif, di antaranya ialah sebagaimana yang ditayangkan dalam film berjudul #GerobakDaring. Film besutan ICT Watch yang bisa didownload di Youtube dan berdurasi 42 menit 30 detik ini berkisah tentang potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pariwisata, hingga peternakan yang berada di pelosok negeri ternyata bisa dioptimalkan dengan menggunakan sosial media.

Kegiatan semakin seru ketika para peserta ditugaskan membuat, memposting, dan mempublikasikan sebuah tulisan melalui blog. Tak terasa waktu begitu cepat berlalu. Dalam 2 jam waktu yang disediakan bagi masing-masing kelompok, semua nampak sibuk berkutat dengan tugasnya.

Kelas Jusnalistik (Blog Asyik) memang benar-benar asyiiiikk!! Wow!!!

Jayapura, 1 November 2017

NB:
Roadshow Internet BAIK Telkomsel selama dua hari, 31 Oktober - 1 November 2017
Hari Pertama berupa Seminar Internet Sehat
Hari Kedua terdapat tiga workshop: Short Movie Maker, Blog Asyik, dan Parenting.
Kami berada di kelas Blog Asyik









6 Responses to "Sehari Bersama Kelas Blogger #InternetBAIK Telkomsel Jayapura"

  1. Alhamdulillah...tugas kelompok kami selesai sebelum waktu yang ditentukan. Hooooreee semoga juara.Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga juara ya bu. Aamiin. Tulisan dadakan!

      Delete
  2. pak guru Nardi, mantap!!!bersama rekan bu guru Kasmira, sekelompok kelas Blogger dalam membuat tulisan, wawasan kami bertambah, ya....walaupun belum semahir pak Nardi tapi kami terus berusaha, Sukses !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih bu,kita sama-sama terus belajar ya bu

      Delete
  3. Keren Pak hasil reportasenya, saya juga ikutan. Pas hari ini jadwal workshop internet baik di Pontianak. Salam kenal ya Pak... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, pak. Moga ilmunya penuh manfaat ya pak

      Delete