Inilah Piala saat Persipura ke-4 kalinya Juarai Liga Indonesia

Inilah penampakkan Piala Liga Indonesia tahun 2013 yang saat itu bernama Liga Super Indonesia. Dengan piala ini, genaplah 4 kali Persipura merajai Liga Indonesia. Dengan diraihnya piala ini, Persipura berhak menyandang 4 bintang alias jenderal dalam persepakbolaan nasional.

Pada 8 September 2013 itu, aku menjadi saksi bersama lautan merah masyarakat Papua yang menyambut kedatangan Boaz Solossa dan tim. Ribuan massa mengarak Persipura sejak keluar dari Bandara Sentani. Massa juga membludak di sepanjang  jalan yang dilalui oleh Tim Mutiara Hitam itu. Kemacetan parah di mana-mana tak terhindarkan, terutama di ruas jalan yang menjadi persilangan dua arah, seperti di Skyline dan jalan SMU 4 Jayapura. Sedangkan di jalan-jalan lainnya terpaksa diterapkan one-way traffic, agar pergerakkan massa menjadi lebih lancar hingga 15-20 km/jam. Massa dan Tim Persipura baru tiba di Markas Persipura di Hotel Relat pada sekitar pukul 19.30 WIT.

Truk bak terbuka yang mengankut tim Persipura terpaksa berhenti di sejumlah tempat untuk melayani massa yang meminta tanda tangan dari para pemain dan juga foto bersama. Truk juga harus berhenti lama di sejumlah tempat karena massa ingin menunjukkan sambutannya dengan tari-tarian ataupun nyanyian.

Saat itu, aku hanya bisa menyaksikan piala itu dari kejauhan saat diangkat tinggi-tinggi oleh Boaz Solossa ketika melintas di Jalan SMU 4 Jayapura nan penuh massa. Kini, lima tahun setelahnya, aku bisa memeluk piala itu dalam ajang Pameran Pembangunan Menyambut HUT ke-73 RI Kota Jayapura di GOR Waringin Kotaraja, Jayapura.

Jayapura, 14 Agustus 2018

NB:
Fakta Persipura dalam Liga Indonesia 2013:
Boaz Solosa menjadi top scorer dengan 25 gol, Persipura juga mencatat rekor tak pernah kalah beruntun terpanjang (selama 13 kali pertandingan).
Persipura meraih poin 82 meninggalkan Arema Indonesia di tempat ke-2 dengan perolehan poin sebesar 66 poin, diikuti oleh Mitra Kukar di tempat ke-3 dengan 65 poin, Persib Bandung di tempat ke-4 dengan 63 poin, dan Sriwijaya di tempat ke-5 dengan 57 poin.
Persipura mengalami 25 kali menang, 7 kali seri dan 2 kali kalah, dengan 82 kali memasukkan gol, dan 18 kali kemasukkan gol.

Yohanes Pahabol mencetak hat-tricks pada pertandingan 13 Maret 2013 melawan Mitra Kukar dengan skor akhir 3-0 untuk Persipura.
Pemain asing saat itu: Bio Paulin, Zah Rahan, Otávio Dutra, Yoo Jae-Hoon, dan Lim Joon-Sik
Persipura 4 kali Juara Liga Indonesia: Tahun 2005, 2009, 2011 dan 2013.
Saat itu, Persipura melaju ke Piala AFC 2014 bersama runner up Liga Indonesia 2013, yaitu Arema Indonesia.

Pada Piala AFC 2014 itu Persipura mencapai semifinal. Di semifinal, Persipura kalah dari Al-Qadsia, Kuwait dengan skor 2-10 (kandang 0-6 dan tandang 2-4). Sebelumnya, di perempat final menang dari Al-Kuwait 8-4, dan di Babak 16 besar menang dari Yangon United 9-2.
Sumber: PTFI.co.id
Sumber: PTFI.co.id
 


0 Response to "Inilah Piala saat Persipura ke-4 kalinya Juarai Liga Indonesia"

Post a Comment